Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ZIKIR SEBAGAI TERAPI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM IMUNITAS MANUSIA DARI PERSPEKTIF AL QUR’AN DI MASJID NURUSH SHADRI PEKANBARU(KAJIAN LIVING QUR’AN)

RENDA, - (2021) ZIKIR SEBAGAI TERAPI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM IMUNITAS MANUSIA DARI PERSPEKTIF AL QUR’AN DI MASJID NURUSH SHADRI PEKANBARU(KAJIAN LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

ABSTRAK NAMA : RENDA JURUSAN/NIM : ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR (1173210 3015) FAKULTAS : USHULUDDIN UNIVERSITAS : UIN SUSKA RIAU Di zaman milenial saat ini, kehidupan manusia semakin maju dengan berbagai persoalannya, sudah menjadi hal yang mendasar bahwa setiap manusia yang hidup didunia ini diwarnai dengan berbagai problematika kehidupan yang silih berganti. Berbagai macam problematika yang dihadapi manusia sejatinya sebagai ujian kehidupan, sehingga jika seseorang ingin mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup haruslah kembali kepada yang memberinya hidup. Penulis ingin mengkaji dan menelaah al Qur’an sebagai hudan (petunjuk), dan syifa’ (obat). Namun, realita di masyarakat sekarang banyak dari mereka memilih pengobatan yang terkadang keluar dari tuntunan al Qur’an dan terkadang lebih memilih mengobati psikisnya saja sedangkan batin mereka sakit. Dalam kurun waktu 2019 sampai 2020 awal dunia digemparkan adanya temuan virus corona atau covid 19 yang menjadi faktor utama seseorang yang terinfeksi ialah lemahnya sistem imunitas manusia. Penulis membahas tentang bagaimana zikir sebagai terapi untuk meningkatkan sistem imunitas manusia, dari segi ilmu kesehatan jiwa zikir merupakan terapi psikiatrik setingkat lebih tinggi daripada psikoterapi biasa. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) dan data yang terkait dengan penelitian ini dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara maupun dokumentasi. Implementasi bahwa zikir sebagai terapi untuk meningkatkan sistem imunitas manusia secara efektif berpengaruh terhadap objek yang di jadikan sampel dalam penelitian ini, ada perubahan signifikan selama metode terapi zikir di terapkan untuk meningkatkan sistem imunitas manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:41
Last Modified: 05 Aug 2021 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53208

Actions (login required)

View Item View Item