Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Dzurriyyah Thayyibah dalam Al-Qur'an (Analisis terhadap Kata Dzurriyyah Thayyibah pada Doa Nabi Zakaria Alaihisalam)

Silvia Marina, SM (2021) Dzurriyyah Thayyibah dalam Al-Qur'an (Analisis terhadap Kata Dzurriyyah Thayyibah pada Doa Nabi Zakaria Alaihisalam). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
SILVI BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILVIA MARINA (tanpa BAB 4).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata dzurriyyah thayyibah satu kali disebutkan di dalam Al-Quran tepatnya pada doa Nabi Zakaria alaihisalam. Dikisahkan bahwa Nabi Zakaria menyatakan dirinya tidak pernah lelah berdoa kepada Allah taala. Ketika itu dia meminta agar dikaruniakan anak meskipun di usia yang sudah tua ditambah dengan kondisi istri yang mandul. Terlihat bagaimana pentingnya kedudukan anak bagi Nabi Zakaria alaihisalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apa makna dzurriyyah thayyibah? 2) Bagaimana kedudukan dzurriyyah thayyibah? 3) Bagaimana karakteristik dzurriyyah thayyibah yang terdapat pada doa Nabi Zakaria alaihisalam? Untuk mengetahui defenisi, urgensi, dan karakteristik Dzurriyyah Thayyibah tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian pustaka yaitu pendekatan yang menghimpun data-data penelitian dari kitab tafsir dan buku yang berkaitan dengan tema. Pendekatannya menggunakan Tafsir Maudhu’i merujuk kepada beberapa kitab tafsir seperti Tafsir Al-Tabary, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Abu Zahrah, dan Tafsi>r Al-Muni>r. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Dzurriyyah thayyibah dapat diartikan dengan anak yang saleh dan berakhlak mulia. 2) Hadirnya dzurriyyah thayyibah merupakan kabar gembira bagi orangtuanya bahwa akan pelanjut dari perjuangan mereka baik dari segi duniawi atau ukhrawi. 3) Karakteristik dzurriyyah thayyibah yang terdapat pada doa Nabi Zakaria alaihisalam adalah anak yang memiliki keimanan dan ketakwaan, punya keteladanan yang baik, ahli ibadah, dan sangat menjaga kehormatan diri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:29
Last Modified: 05 Aug 2021 10:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53199

Actions (login required)

View Item View Item