Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Flipped Classroom Learning Tipe Peer Instruction Flip Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia.

DESRITA, - (2021) Pengaruh Model Flipped Classroom Learning Tipe Peer Instruction Flip Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom Learning tipe Peer Instruction Flip terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMK Telkom Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan diperoleh 2 kelas sampel yaitu X TKJ2 sebagai kelas eksperimen dan TKJ1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, tes data awal dan tes data akhir. Untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom learning tipe peer instruction flip terhadap hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan n-gain dan t-test. Score n-gain yang diperoleh menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketegori “sedang” yang persentasenya 60% untuk kelas X TKJ2 dan ketegori “sedang” dengan persentase 53% untuk kelas X TKJ1. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 3.626. ttabel 2.0484 Ha diterima jika ttabel ≤ thitung H0 ditolak jika thitung < ttabel yaitu 2.0484 < 3.626 dan 3.626 > 2.0484, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan adanya pengaruh model Flipped Classroom Learning tipe Peer Instruction Flip terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMK Telkom Pekanbaru. Kata Kunci: Model Flipped Classroom Learning tipe Peer Instruction Flip, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 09:34
Last Modified: 04 Aug 2021 09:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53169

Actions (login required)

View Item View Item