Izma Julaiha, - (2021) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Izma Julaiha (2021): Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang hasil belajarnya belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif dangan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 115 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Objek penelitian ini yaitu manajemen kelas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru tergolong sangat baik yaitu 82,19%, sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru sudah sangat baik dengan rata-rata 83,87. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Hasil ini terbukti pada perbandingan rhitung dengan rtabel didapati bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,207<0,619>0,270). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Konstribusi pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa sebesar 38,3% sedangkan sisanya (100% -38,3%= 61,7%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Manajemen Kelas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 08:50 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 08:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53142 |
Actions (login required)
View Item |