Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PADA SENTRAL KOLEKSI INDONESIA (SKI)

RAKHES LEO PUTRA, - (2021) PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PADA SENTRAL KOLEKSI INDONESIA (SKI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KEECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RAKHES LEO PUTRA (2021) : PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PADA SENTRAL KOLEKSI INDONESIA (SKI) Sentral Koleksi Indonesia (SKI) merupakan sebuah toko pakian yang menjual dan memproduksi busana muslim dan muslimah, pakaian haji, umroh, mahar, pelengkapan sholat dan aksesoris. Dari laporan penjualan yaitu salinan struk penjualan dan nota penjualan pada januari 2020 - april 2021 terdapat 1638 transaksi yang terjadi dengan pemdapatan rata-rata kurang dari Rp. 400.000.000,00 tiap tahunnya.Setiap harinya data transaksi akan semakin bertambah dan apabila dibiarkan begitu saja hanya akan menjadi tumpukan data. Untuk itu perlu dilakukan analisa mendalam terhadap data transaksi untuk memperoleh informasi mengenai pola pembelian konsumen Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pola belanja konsumen berdasarkan kebiasaan belanja sebagai rekomendasi penyusunan tata letak dan strategi bisnis menggunakan algoritma K-Medoids dan FP-Growth. K-Medoids digunakan untuk clustering pada data transaksi penjualan dan menerapkan algoritma FP-Growth untuk asosiasi pada setiap cluster. Sehingga rekomendasi barang kepada pelanggan menjadi lebih akurat dikarenakan dataset yang akan diasosiasi menjadi lebih kecil. Berdasarkan uji validitas Davies Bouldin Index pada 1638 data, didapatkan cluster optimal yaitu 3 cluster pada cluster 0 dihasilkan 2 rules dengan support tertinggi 48.7% pada gamis dan jilbab, pada cluster 1 dihasilkan 3 rules dengan support tertinggi 8.4% pada jubah dan peci dan cluster 2 menghasilakn 3 rules dengan support tertinggi 12.7% pada aksesoris dan jilbab. Kata Kunci: FP-Growth, K-Medoids, Sentral Koleksi Indonesia, Tata letak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 05 Aug 2021 03:57
Last Modified: 05 Aug 2021 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53137

Actions (login required)

View Item View Item