Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HIDROKARBON DIKELAS XI IPA

DAYU DARMAWAN, - (2021) DESAIN DAN UJI COBA PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HIDROKARBON DIKELAS XI IPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Dayu Darmawan, (2021) : Desain dan uji coba penuntun praktikum berbasis literasi sains teringtegrasi kearifan lokal pada materi hidrokarbon dikelas XI IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan praktikum yang terkendala karena keterbatasan penuntun praktikum, dan persediaan bahan dilaboratorium sekolah, serta kurangnya pengetahuan siswa tentang manfaat kekhasan suatu daerah yang bisa dijadikan sebagai bahan praktikum. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang media pembelajaran desain dan uji coba penuntun praktikum berbasis literasi sains terintegrasi kearifan lokal, dan untuk mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian penilaian ahli media, ahli materi, dan praktikalitas oleh guru. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah ahli desain media, ahli materi pembelajaran, praktikalitas oleh guru kimia dan peserta didik XI MIA 2. Objek penelitian ini adalah penuntun praktikum berbasis literasi sains terintegrasi kearifan lokal pada materi hidrokarbon. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah berupa hasil wawancara dan angket. Instrument pengumpulan data penelitian ini berupa data angket validitas dan angket respon. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penuntun praktikum yang dihasilkan telah teruji sangat valid dengan persentase 95,8% dari ahli materi dan 88,8% dari ahli media, penilaian ke praktisan 94,0% dari guru kimia, dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik sebanyak 89,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan penuntun praktikum berbasis literasi sains terintegrasi kearifan lokal pada materi hidrokarbon sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. ]Kata kunci: Penuntun Praktikum, Literasi Sains, Kearifan Lokal, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 05:21
Last Modified: 04 Aug 2021 05:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53120

Actions (login required)

View Item View Item