Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PELAYANAN MANASIK CALON JAMAAH HAJI DI KBIHU HARAMAIN KOTA PEKANBARU

Barry Al Hafidh, Barry (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN MANASIK CALON JAMAAH HAJI DI KBIHU HARAMAIN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ibadah Haji harus menjadi fokus utama untuk ditingkatkan, yang sifatnya fisik seperti akomodasi, konsumsi, dan transportasi harus ditingkatkan. Namun, bukan berarti yang nonfisik ditinggalkan. Maka harus menambah kualitas penyelenggaraan ini dengan sifatnya nonfisik yaitu dalam segi pelayanan manasik. Manasik haji ini memiliki tujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, khususnya tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar, maka manasik haji dianggap penting dan harus diikuti dengan sungguh-sungguh oleh setiap calon jamaah haji. Dengan demikian tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan manasik calon jamaah haji di KBIHU Haramain kota Pekanbaru. Informan penelitian ini berjumlah empat (4) orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pelayanan manasik KBIHU Haramain terhadap calon jamaah haji memperhatikan lima (5) konsep kualitas pelayanan yaitu: Pertama, Bukti fisik (Tangibles) yang meliputi penampilan pegawai dan sarana prasarana. Kedua, Kehandalan (Reliability) yang meliputi akurat dan terpercaya. Ketiga, Ketanggapan (Responsiveness) yang meliputi pelayanan cepat dan tepat. Keempat, Jaminan (Assurance) yang meliputi kesopanan dan kompetensi. Kelima, Perhatian individual (Empathy) yang meliputi komunikasi dan perhatian pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pelayanan Manasik, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 08:07
Last Modified: 04 Aug 2021 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53102

Actions (login required)

View Item View Item