Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DARING DI MASA COVID-19 TERHADAP PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUSKA RIAU

Kartika Putri Sari, Kartika (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DARING DI MASA COVID-19 TERHADAP PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Proses komunikasi pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua, yaitu luring (offline) dan daring (online). Namun semenjak munculnya Covid-19, proses komunikasi pembelajaran dialihkan menjadi daring (online). hal ini menjadikan komunikasi antara mahasiswa dan dosen mengalami gangguan seperti, mengalami susah sinyal, mata kuliah yang saling bentrok, semangat belajar menjadi menurun diakibatkan kejenuhan kuliah di rumah saja, tertinggal materi perkuliahan, metode mengajar dosen yang berbeda-beda, hingga belajar yang dirasa kurang efektif karna tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Serta munculnya noise atau kebisingan saat proses pembelajaran. Permasalahan yang dapat dirumuskan adalah Bagaimanakah Pengaruh Penggunaan Media Daring di Masa Covid-19 terhadap Proses Komunikasi Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa UIN Suska Riau? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Daring di Masa Covid-19 terhadap Proses Komunikasi Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa UIN Suska Riau. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Jumlah sampelnya adalah sebanyak 400 orang yang terdiri dari 8 fakultas yang ada di UIN Suska Riau. Pengujian hubungan antara Penggunaan Media Daring di Masa Covid-19 terhadap Proses Komunikasi Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa UIN Suska Riau menggunakan uji korelasi, menunjukkan bahwa Penggunaan Media Daring di Masa Covid-19 (X) terdapat hubungan yang rendah terhadap Proses Komunikasi Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa UIN Suska Riau (Y). Berdasarkan hasil kesimpulan general bahwa pengaruh sigma variabel X terhadap sigma variabel Y adalah bahwa hubungan antara X terhadap Y adalah rendah dengan nilai 0,359 yang berada di interval 0,20-0,399 dengan signifikan antara variabel (X) terhadap variabel (Y) karena 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Daring, Proses Komunikasi Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:55
Last Modified: 04 Aug 2021 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53101

Actions (login required)

View Item View Item