Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kafe Kreatif dalam Menghadapi Covid-19 di Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir

Fitriyani, - (2021) Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kafe Kreatif dalam Menghadapi Covid-19 di Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya pandemi global yaitu Covid-19 yang menyebabkan ketidak stabilan ekonomi masyarakat terutama para pelaku UMKM yang merasakan dampak langsung berupa penurunan omset penjualan dikarenakan adanya himbauan pemerintah dalam menerapkan Pembatasan Sosial yang menghimbau masyarakat tetap dirumah sehingga banyak UMKM yang harus berhenti untuk sementara waktu. Namun seiring berjalannya waktu para pelaku UMKM tetap berusaha menjalankan usahanya meskipun dalam kondisi sulit sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya UMKM kafe kreatif dalam menghadapi Covid-19. Teori yang digunakan yaitu teori yang dipopulerkan oleh Neil Borden pada tahun 1950-an tentang strategi 4P (product, price, place, promotion) ataupun strategi yang bisa dilakukan ketika suatu usaha mengalami masalah baik itu masalah persaingan maupun masalah seperti yang dihadapi UMKM kafe kreatif ini yaitu pademi Covid-19. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari pemilik dan karyawan kafe. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Strategi UMKM kafe kreatif dalam menghadapi Covid-19 masih kurang baik dapat dilihat dari ragam menu yang kurang banyak, kualitas produk yang kurang bagus dan pelayanan yang disediakan kurang baik. Sedangkan dalam penetapan harga mereka sudah melakukan dengan baik hal ini dapat dilihat dari penetapan harga produk yang tidak berubah-ubah dan menetapkan harga sesuai dengan kemampuan ekonomi masyarakat. Kata Kunci: Strategi, Usaha Mikro Kecil & Menengah, Kafe, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 08:24
Last Modified: 04 Aug 2021 08:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53093

Actions (login required)

View Item View Item