Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru

Rosdiana Dewi, - (2021) Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rosdiana Dewi, (2021): Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, (Analysis, Design, Development, Implementation and Depvelpoment). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Peserta Didik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di Tiga Madrasah Ibtidaiyah yaitu MI Istiqomah, MI Aulia Cendikia, dan MI Al-Barokah Kota Pekanbaru, Riau. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, yaitu untuk uji coba kelompok kecil, diambil sampel sebanyak 9 orang peserta didik yang terdiri dari 3 orang peserta didik dari MI Istiqomah, 3 orang peserta didk dari MI Aulia Cendikia, dan 3 orang peserta didik dari MI Al-Barokah. Adapun Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan media yang berasal dari dosen dan guru serta peserta didik MI Istiqomah, MI Aulia Cendikia, dan MI Al-Barokah Kota Pekanbaru, Riau. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil uji validitas, Modul Berbasis PBL Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk peserta didik dan Perangkat Pembelajaran (Silabus dan RPP) Serta Soal KPMM dinyatakan kategori “sangat valid” dengan persentase tingkat kevalidan modul. Uji Kepraktisan respon siswa dengan kategori “sangat praktis” dan respon guru dengan kategori “sangat praktis”. Dapat disimpulkan bahwa Modul berbasis PBL terintegrasi nilai-nilai keislaman sangat valid dan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Kata Kunci: Modul, Problem Based Learning, Nilai-nilai Keislaman,KPPM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Aug 2021 09:19
Last Modified: 03 Aug 2021 09:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53092

Actions (login required)

View Item View Item