Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Nurul Fitriani, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (47MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (47MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Fitriani, (2021): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs Kelas VIII pada Materi Relasi Dan Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, ahli materi pembelajaran, dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru. Objek penelitian ini adalah LKS matematika berbasis discovery learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Berdasarkan uji validitas, LKS matematika berbasis discovery learning dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 84.68% dan soal uji coba kemampuan pemahaman konsep matematis juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 91.11%. Berdasarkan uji praktikalitas LKS matematika berbasis discovery learning dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 82.75%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Dari hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa LKS matematika berbasis discovery learning yang dikembangkan valid dan praktis, juga dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS, Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Relasi dan Fungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:00
Last Modified: 04 Aug 2021 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53088

Actions (login required)

View Item View Item