Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENDAPATAN DI TOKO RJ. KALINA MARPOYAN DAMAI PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

Tiurma Sari, - (2021) ANALISIS BIAYA OPERASIONAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENDAPATAN DI TOKO RJ. KALINA MARPOYAN DAMAI PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tiurma Sari (2021): Analisis Biaya Operasional Dan Hubungannya Dengan Pendapatan Di Toko RJ. Kalina Marpoyan Damai Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syari’ah. Latar belakang penelitian adalah bahwa dalam menjalankan sebuah usaha perlu diperhatikan biaya operasional. Untuk mendapatkan keuntungan atau laba maka suatu usaha harus memiliki pendapatan yang besar dari biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Salah satunya yaitu pada usaha RJ. Kalina yang bergerak pada penjualan pakaian dan perlengkapan busana muslim. Berdasarkan data awal didapat fenomena bahwa jumlah pendapatan pada tahun 2018 dari bulan Januari sampai Desember mengalami fluktuatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 pemilik dan 4 karyawan, maka berjumlah 5 orang semua populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling dan diperkuat dengan data pendapatan dan biaya yang dikeluarkan pada tahun 2018. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis biaya operasional dan hubungannya dengan pendapatan di toko RJ. Kalina adanya hubungan biaya operasional dengan pendapatan karena biaya operasional yang dikeluarkan pihak toko lebih besar dari pada pendapatan. Ini terjadi karena pihak toko men stock pakaian bermerek tapi model lama maka pakaian tersebut tidak laku, dan konsumen lebih memilih untuk membeli pakaian yang model baru. Sehingga pendapatan pada bulan Oktober dan November 2018 tidak terlalu tinggi. Seharusnya pihak RJ. Kalina memperhatikan dan menghemat biaya operasional. Tinjauan Ekonomi Syari’ah tentang analisis biaya operasional dan hubungannya dengan pendapatan di toko RJ. Kalina Marpoyan Damai Pekanbaru dari segi anjuran bisnis pihak RJ. Kalina menjual barang yang halal, toko ini juga menerapkan karyawan yang berpakaian sopan dan disisi lain biaya yang dikeluarkan RJ. Kalina secara keseluruhan tidak ada mengandung unsur pengeluaran untuk keperluan non halal, namun perlu ditingkatkan prinsip kehati-hatian atau mengurangi biaya yang tidak diperlukan sehingga tidak mubazir karna islam melarang dan tidak suka sesuatu yang berlebih-lebihan. Kata Kunci : Biaya Operasional, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:30
Last Modified: 04 Aug 2021 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53060

Actions (login required)

View Item View Item