Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TERHADAP PRAKTEK ARISAN HARIAN PADA PEDAGANG DI PASAR PUSAT SUKARAMAI KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH

MITOS ALPIANSYAH, - (2021) ANALISIS TERHADAP PRAKTEK ARISAN HARIAN PADA PEDAGANG DI PASAR PUSAT SUKARAMAI KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File Hasil Penelitian (Bab IV).pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali Hasil Penelitian (Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mitos Alpiansyah, (2021) : Analisis Terhadap Praktek Arisan Harian pada Pedagang di Pasar Pusat Sukaramai Kota Pekanbaru Perspektif Fiqh Muamalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis terhadap praktek arisan harian pada pedagang di Pasar Pusat Sukaramai Kota Pekanbaru. Dimana arisan harian tersebut dilaksanakan dengan ketentuan yang telah disusun oleh bandar arisan dan harus diikuti oleh setiap anggota. Fenomena di lapangan juga menunjukkan kurang kuatnya perjanjian yang mengikat praktek arisan dan adanya potongan 5% untuk bandar atas uang arisan yang diterima anggota. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui mengetahui praktek arisan harian pada pedagang di Pasar Pusat Sukaramai Kota Pekanbaru dan untuk mengetahui analisis fiqih muamalah terhadap praktek arisan harian pada pedagang di Pasar Sukaramai Pusat Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan populasi berjumlah 11 orang yang terdiri dari 1 orang bandar arisan dan 10 orang pedagang. Sedangkan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hingga akhirnya data penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan arisan harian pada pedagang di Pasar Pusat Sukaramai Kota Pekanbaru dilakukan dengan ketentuan seperti penyerahan fotocopy KTP, potongan 5% saat penerimaan arisan, dan masa arisan 100 hari. Praktek arisan harian dilaksanakan dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan tanpa kekerasan sehingga menjadi faktor pendorong untuk para pedagang dapat mengikuti arisan harian ini. Sedangkan tinjauan Fiqh Muamalah terhadap praktek arisan harian para pedagang di Pasar Pusat Sukaramai Kota Pekanbaru ini termasuk dalam praktek qardh dan telah memenuhi rukun dari qardh itu sendiri. Namun bila ditinjau dari segi keabsahan akad, praktek arisan harian ini menggunakan aturan potongan 5% yang mengarah kepada praktek riba bertentangan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Aug 2021 11:06
Last Modified: 03 Aug 2021 11:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53057

Actions (login required)

View Item View Item