Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analysis Potensi Bahaya pada Pekerja dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) dan Hazard Identification Risk Assessment and Determining control (HIRADC) pada Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus: PT. Inecda Plantation)

Alex Surya S, - (2021) Analysis Potensi Bahaya pada Pekerja dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) dan Hazard Identification Risk Assessment and Determining control (HIRADC) pada Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus: PT. Inecda Plantation). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
LAPORAN BAB 1,2,3,6 REPOSITORY.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 DAN 5 REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)

Abstract

PT. INECDA Plantation merupakan perusahaan yang bergerak pada perkebunan dan pengolahan kelapa sawit. Potensi kecelakaan kerja yang timbul dari aktivitas yang dilakukan perusahaan masih sering terjadi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bahaya kecelakaan kerja yang terjadi dan memberikan pengembangan solusi untuk menghindari kecelakaan kerja. Penelitian ini menggunakan metode Job Safety Analysis dan Metode Hazard Identification Risk Assesment and Determining Control (HIRADC). Hasil dari penelitian ini adalah Faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja pada PT.INECDA pada bagian perawatan adalah pekerja terluka karena alat pemotong yang digunakan dan pekerja dan pekerja terkena serangan hewan yang berada di kebun sawit. Pada bagian pemanen faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja terjadi karena pekerja terluka ketika memanen buah sawit. pada bagian pengangkutan buah faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja terjadi karena pekerja tertimpa buah sawit saat memindahkan buah kedalam truk pengangkut. Penggunaan alat pelindung diri kepada pekerja dapat membantu mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja yang terjadi. Alat pelindung diri yang dapat digunakan pekerja adalah seperti penggunaan sarung tangan, pelindung kepala dan penggunaan sepatu. Selain itu pekerja dituntut untuk selalu mengecek kondisi alat kerja yang digunakan sebelum memulai pekerjaan. Kata Kunci : HIRADC, Job Safety Analysis , dan Kecelakaan Kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 07 Aug 2021 14:41
Last Modified: 07 Aug 2021 14:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53037

Actions (login required)

View Item View Item