Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Komunikasi Inovasi PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru Dalam Menyosialisasikan Uang Elektronik

ADIRA SHAFIRA AFILUMAN, - (2021) Komunikasi Inovasi PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru Dalam Menyosialisasikan Uang Elektronik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi inovasi merupakan penyampaian informasi yang didalamnya terdapat gagasan atau ide yang memiliki sifat kebaharuan. Biasanya, komunikasi inovasi disampaikan dengan berbagai proses dan media dalam jangka waktu tertentu pada suatu sistem sosial masyarakat. PT. Bank Negara Indonesia sebagai salah satu bank BUMN yang ada Indonesia mengeluarkan kartu elektronik yang diberi nama TapCash. Selanjutnya, dalam rangka memperkenalkan uang elektronik tersebut, PT. Bank Negara Indonesia khususnya cabang Kota Pekanbaru gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi uang elektronik di berbagai tempat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menjelaskan komunikasi inovasi yang dilaksanakan BNI cabang Kota Pekanbaru dalam menyosialisasikan uang elektronik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data wawanacara secara langsung, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi berupa uang elektronik pertama kali diperkenalkan melalui Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang disosialisasikan oleh Bank Indonesia sejak tahun 2014 dan selanjutnya pada tahun yang sama bank BNI meluncurkan TapCash. Media komunikasi yang digunakan dalam rangka sosialisasi uang elektronik TapCash yakni komunikasi langsung, media elektronik yakni iklan di radio maupun mengadakan dialog interaktif, dan penggunaan new media. Jangka waktu dimulai sejak peluncuran TapCash tahun 2014 hingga pada saat ini banyaknya publik yang mulai menggunakan uang elektronik. Sistem sosial dalam kegiatan sosialisasi ini melibatkan bank BNI sebagai penerbit uang elektronik, pemerintah Kota Pekanbaru beserta dinas terkait, dan masyarakat sebagai pengguna uang elektronik. Tujuan dari sosialisasi uang elektronik yang dilakukan ialah demi terwujudnya ekosistem cashless society pada seluruh masyarakat di Indonesia dan jenis uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank BNI yakni unregistered yang mana seluruh identitas data pengguna tidak terdaftar pada penerbit uang elektronik. Kata kunci : Komunikasi Inovasi, Sosialisasi, Uang elektronik, TapCash

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Aug 2021 06:33
Last Modified: 06 Apr 2023 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53015

Actions (login required)

View Item View Item