Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI ANGGOTA ARISAN MENURUN TIARA PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH

HARI AKBAR, - (2021) PERSEPSI ANGGOTA ARISAN MENURUN TIARA PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)

Abstract

HARI AKBAR (2021) : PERSEPSI ANGGOTA ARISAN MENURUN TIARA PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH Perkembangan media sosial kini semakin membuat kemajuan dari berbagai hal, terutama pada ekonomi, terbukti dari kemajuan transaksi jual beli online bahkan sampai arisan online, dalam hal ini arisan online terbagi menjadi dua jenis yaitu arisan mendatar dan arisan menurun, di mana perbedaan arisan mendatar dan arisan menurun terletak pada jumlah uang yang harus di keluar dari masing-masing peserta arisan, dalam proses pelaksanaannya terindikasi adanya riba qardh karena perbedaan dari jumlah bayaran masing-masing peserta, namun belum bisa untuk di katakan riba qardh sebelum adanya penelitian lebih lanjut Penelitian ini merupakan jeis penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnyamenyangkut data yang ada dilapangan, dan sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 19 orang yang terdiri dari 18 orang pemain arisan dan 1 orang sebagai admin dengan teknik purposif sampling. Sumber data ini diperoleh langsung dari lapangan denan menggunakan metode observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mengungkapkan fakta apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan arisan menurun di arisan tiara termasuk kedalam riba qardh, yaitu suatu manfaat atau tingkat kelebihan tertentu yang disyaratkan terhadap yang berhutang. Praktek arisan menurun ini terindikasi riba kepada admin maupun kepada seluruh peserta yang bermain arisan, menurut penulis, dalam melakukan praktek arisan sebaiknya admin maupun peserta menggunakan arisan mendatar, karena pada dasarnya arisan merupakan utang piutang, dimana tidak boleh ada kelebihan dalam mengembalikan utang dan kelebihan dalam membayar utang terdapat pada arisan menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Aug 2021 08:39
Last Modified: 03 Aug 2021 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53011

Actions (login required)

View Item View Item