Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT PADA PROGRAM PENDIDIKAN UNTUK SISWA (SMP) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA PADANG

Messy Shafitri, Messy (2021) EFEKTIVITAS PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT PADA PROGRAM PENDIDIKAN UNTUK SISWA (SMP) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA PADANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI EDIT GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemiskinan yang tengah dihadapi oleh masyarakat, dimana kemiskinan tersebut penyebab munculnya permasalahan pada perekonomian masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok termasuk dalam aspek pendidikan. Oleh karena itu, BAZNAS Kota Padang mempunyai program Pendidikan guna membantu para masyarakat kurang mampu untuk dapat terus belajar demi meningkatkan kemampuan dirinya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keefektivan pendistribusian dana zakat pada program pendidikan untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri dan Swasta Kota Padang yang menerima bantuan beasiswa program pendidikan dari BAZNAS Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 orang yaitu para penerima dana zakat program pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner atau angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yang diperoleh dari penyebaran angket kepada responden para penerima dana zakat program pendidikan dengan persentase yaitu 84,18%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat Pada Program Pendidikan Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang dikategorikan Sangat Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendistribusian, Dana Zakat, Program Pendidikan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 00:48
Last Modified: 04 Aug 2021 00:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53009

Actions (login required)

View Item View Item