Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN SISTEM PEMANTAUAN KENDALI SUHU DAN KELEMBABAN TANAMAN HIDROPONIK SISTEM NUTRIENT FILM TECHNIQE(NFT) BERBASIS INTERNET OF THING(IOT)

IKBHAL, - (2021) PERANCANGAN SISTEM PEMANTAUAN KENDALI SUHU DAN KELEMBABAN TANAMAN HIDROPONIK SISTEM NUTRIENT FILM TECHNIQE(NFT) BERBASIS INTERNET OF THING(IOT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File Lengkap.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV & BAB V)
File Hasil Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan sayur yang selalu meningkat sedangkan lahan yang dimanfaatkan untuk perkebunan di Pekanbaru hanya memenuhi 1/3 kebutuhan sayur Pekanbaru. Kondisi diperburuk dengan suhu Pekanbaru yang tinggi mencapai 34℃ dan kelembaban rendah yaitu 45%, pola hidroponik sistem NFT menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sayur Pekanbaru. Pengaliran air nutrisi secara konstan pada sistem NFT, mengakibatkan pengikatan senyawa oksigen dalam aliran nutrisi dapat membantu meredam kondisi layu pada tanaman akibat suhu yang tinggi. Penelitian ini mengusulkan membuat sistem pengendalian suhu dan kelembaban greenhouse agar mampu menjaga dan mendeteksi nilai suhu dan kelembaban menggunakan sensor DS18B20 dan DHT22 yang terintegrasi dengan NodeMCU ESP8266 yang mengatur kipas dan Mist Maker sebagai pengendali serta menambahkan sistem IoT yang terintegrasi pada web server thingspeak sebagai media pemantauan jarak jauh. Hasil rancangan sistem mampu menjaga nilai suhu dan kelembaban sesuai dengan set poin. Selain menjaga stabilitas suhu 23℃-28℃ dan kelembaban 60%-70%, produk tanaman yang diuji menggunakan sistem ini juga lebih sehat dengan tidak terserang hama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Aug 2021 02:33
Last Modified: 04 Aug 2021 02:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52988

Actions (login required)

View Item View Item