Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 016 SUMBER DATAR

Dwi Eva Puspitasari, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 016 SUMBER DATAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Eva.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Eva Puspitasari, (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Time Tokenterhadap KeterampilanBerbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah quasi experiment, populasi seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Dengan menggunakan model pembelajaran time token rata-rata pencapaian keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen sebesar 21.00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 19.23. Berdasarkan analisi uji-t dari nilai keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 1.901 dan nilai ttabel sebesar 1.171 pada taraf signifikan 0,05 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaaan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:36
Last Modified: 04 Aug 2021 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52982

Actions (login required)

View Item View Item