Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA BUDAYA MELAYU PADA FILM “HIKAYAT LEMARI DAN TARIAN MENUJU BARAT” (ANALISIS SEMIOTIK MEDIA KOMUNIKASI BERBASIS BUDAYA MELAYU DI PEKANBARU)

Qori Khairiah, - (2021) MAKNA BUDAYA MELAYU PADA FILM “HIKAYAT LEMARI DAN TARIAN MENUJU BARAT” (ANALISIS SEMIOTIK MEDIA KOMUNIKASI BERBASIS BUDAYA MELAYU DI PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Film mampu menjadi sebuah media komunikasi massa yang sangat popular. Film merupakan salah satu media massa yang diproduksi untuk mengkomunikasikan sebuah pesan, informasi, dan hiburan yang akan disampaikan sutradara kepada khalayak, dibandingkan dengan media massa lainnya. Film Hikayat Lemari Dan Tarian Menuju Barat merupakan salah satu karya film yang diproduksi oleh komunitas yang ada di Pekanbaru. Film ini sangat kuat mengangkat unsur budaya melayu Riau didalamnya. Dalam konteks penelitian ini, film merupakan sebuah media penyampaian komunikasi yang penuh makna yang tersusun dalam setiap adegan. Disini penulis menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan model semiotika Charles Sanders Peirce dalam menganalisis makna budaya melayu. Objek penelitain yakni film Hikayat Lemari Dan Tarian Menuju Barat dan unit anlisisnya potongan-potongan gambar dalam film diyakini mengandung makna budya melayu. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model triangle meaning yang terdiri atas: Sign, Object, dan Interpretant. Bahwa film Hikayat Lemari Dan Tarian Menuju Barat menggambarkan bentuk komunikasi berbasis budaya melayu Riau. Bentuk komunikasi budaya melayu yang ada dalam film ini adalah mengingatkan akan sejarah dan perbuatan pelestarian budaya untuk mempertahankan kelangsungan keberadaanya, dan menggambarkan perbuatan melestarikan memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dari budaya melayu. Kata kunci: Makna budaya, Film, Budaya Melayu, Analisis Semiotik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 08:03
Last Modified: 04 Aug 2021 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52935

Actions (login required)

View Item View Item