Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DI RT 013 DAN RT 023 KEL. RIMBA SEKAMPUNG, KEC. DUMAI KOTA, DUMAI.

Ratih Widia Sari, Ratih (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DI RT 013 DAN RT 023 KEL. RIMBA SEKAMPUNG, KEC. DUMAI KOTA, DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Setiap individu memliki kebutuhan, tuntutan dan harapan di dalam dirinya dan diselaraskan dengan tuntutan lingkungannya. Apabila individu mampu mencapai keselarasan antara dua hal tersebut maka bisa dikatakan telah mampu menyesuaikan diri. Pola pengasuhan yang baik dan penerapan nilai yang positif akan menumbuhkan karakter anak yang berpribadi baik dan mampu untuk dapat diterima ditempatnya tinggal. Dalam penelitian ini di Kelurahan Rimba Sekampung peneliti melihat fenomena remaja yang tidak bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya. Ada beberapa remaja yang kurang pergaulan, perasaan rendah diri, kurang percaya diri, tertutup, dan kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungannya, masalah ini erat sekali kaitannya dengan pola asuh yang diberikan oleh orangtuanya didalam keluarganya tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan penyesuaian diri remaja di RT 013 dan RT 023 Kel. Rimba Sekampung Kec. Dumai Kota, DUMAI. Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis correlasi pearson product moment dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS (statistical product and service solution) versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan penyesuiaan diri remaja di RT 013 dan RT 023 Kel. Rimba Sekampung Kec. Dumai Kota, DUMAI dengan nilai corelasi sebesar 0.410. Hal ini diperkuat dengan hasil r hitung > r table yaitu 0,410> 0,2213 sehingga dapat diketahui bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya dapat disimpulkan adanya hubungan antara pola asuh orangtua dengan penyesuiaan diri remaja di RT 013 dan RT 023 Kel. Rimba Sekampung Kec. Dumai Kota, Dumai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Penyesuaian Diri, Remaja
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:28
Last Modified: 03 Aug 2021 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52928

Actions (login required)

View Item View Item