Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BUDIDAYA JAMUR TIRAM RIAU MITRA-MUSHROOM DI KELURAHAN SIALANG RAMPAI, KEC. KULIM, KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Siti Handayani, - (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BUDIDAYA JAMUR TIRAM RIAU MITRA-MUSHROOM DI KELURAHAN SIALANG RAMPAI, KEC. KULIM, KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Handayani (2021):“Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Budidaya Jamur Tiram Riau Mitra-Mushroom Di Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru Di Tinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada budidaya jamur tiram Riau Mitra-Mushroom, serta mengetahui tinjauan ekonomi syari’ah terhadap strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada budidaya jamur tiram Riau Mitra-Mushroom di Desa Sialang Rampai Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian pada budidaya jamur tiram Riau Mitra-Mushroom di Desa Sialang Rampai Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan budidaya jamur tiram Riau Mitra-Mushroom sebanyak 7orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif terhadap data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh budidaya jamur tiram Riau Mitra-Mushroom di Desa Sialang Rampai dalam meningkatkan penjualan sudah memadai, dengan menerapkan sistem bauran pemasaran Produk, price, place,promotion, people, process, dan physical evidance. Produk yang dipasarkan memiliki kualitas baik dan menggunakan bahan-bahan produksi yang berkualitas. Harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas barang dan menjaga stabilitas harga, artinya memberikan harga yang sama pada setiap pelanggan tidak ada perbedaan diantara satu dengan lainnya. Tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau konsumen. Promosi yang diterapkan menggunakan 3 cara yaitu: personal selling, Digital Marketing dan Discount produk sudah dilakukan dengan baik dan efektif. SDM yang berkompeten sesuai dengan bidang dan keahliannya. Dalam proses produksi menggunakan bahan yang berkualitas, dan bukti fisik yang di tunjukan pada budidaya jamur tiram riau mitra-mushroom pada proses pemasarannya sesuai dengan permintaan pasar. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip islam. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak memberatkan kedua belah pihak, lokasi usaha yang sangat strategis dan mudah di jangkau oleh konsumen dan melakukan promosi dengan jujur, benar, serta bersikap rendah hati dalam melayani konsumen dengan penuh keikhlasan, dan tidak berburuk sangka serta menjelek-jelekan petani budidaya jamur tiram lainnya. SDM yang paham akan nilai keislaman. Proses yang tidak menyimpang dari ajaran islam, dan dari segi bentuk fisik tidak menunjukkan kemewahan tempat, dan memberikan fasilitas kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen. Keyword: Strategi Pemasaran, Penjualan, dan Pemasaran Syari’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Aug 2021 16:27
Last Modified: 06 Aug 2021 16:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52905

Actions (login required)

View Item View Item