Agus Subairi (2021), - (2021) PENGARUH KECERDASAN MAJEMUK DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH DI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Agus Subairi (2021) : Pengaruh Kecerdasan Majemuk dan Keaktifan Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Fikih di Madrasah Aliyah Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang kecerdasan majemuk, keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar fikih di Madrasah Aliyah Kecamatan Bungaraya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar fikih, pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar fikih, dan seberapa besar pengaruh kecerdasan majemuk dan keaktifan belajar peserta didik secara simultan terhadap hasil belajar fikih. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Muttaqien dan Madrasah Aliyah Sultan Syarif Kasim Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Sampel penelitian ini adalah 135 Responden dari total populasi 203 peserta didik. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 14,6% kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar fikih dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien regresi X sebesar 0,033 yang berarti setiap penambahan 1% nilai kecerdasan majemuk, maka nilai hasil belajar bertambah 03,3%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 03,5% pada variabel keaktifan belajar terhadap hasil belajar fikih dengan tingkat signifikansi 0,029 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 15,1% pada kecerdasan majemuk dan keaktifan belajar peserta didik secara simultan terhadap hasil belajar fikih dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan F_hitung 11,756 > F_tabel 3,06. Pengaruh kecerdasan majemuk dan keaktifan belajar peserta didik secara simultan terhadap hasil belajar fikih sebesar 0,151 dapat diartikan bahwa setiap penambahan 1% pada nilai kecerdasan majemuk dan keaktifan belajar peserta didik, maka nilai hasil belajar bertambah sebesar 15,1%. Kata kunci: Kecerdasan Majemuk, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 03:52 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 03:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52898 |
Actions (login required)
View Item |