Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI

Joana Putri, Joana (2021) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak siswa pada tema daerah tempat tinggalku melalui penerapan strategi cooperative script kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa dalam proses pembelajaran tema di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV SDN 012 Naumbai. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi cooperative script dan keterampilan menyimak siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa strategi cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan rata-rata kemampuan menyimak hanya mencapai 68,3 dan berada pada kategori cukup. Kemudian setelah menerapkan strategi cooperative script pada siklus I rata-rata kemampuan menyimak siswa meningkat mencapai 73,8 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II rata-rata kemampuan menyimak siswa semakin meningkat yaitu mencapai 83,5 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SDN 012 Naumbai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Cooperative Script, Kemampuan Menyimak
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2021 06:23
Last Modified: 02 Aug 2021 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52858

Actions (login required)

View Item View Item