Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT KONSUMTIF PADA PROGRAM SIAK SEHAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SIAK

Mochammad Aviv Dwi Maulana, Aviv (2021) MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT KONSUMTIF PADA PROGRAM SIAK SEHAT OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan kemiskinan yang bertambah banyak dan masalah yang sangat penting untuk di tuntaskan. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak sebagai organisasi pengelolaan zakat, pengumpulan zakat, pendistribusian zakat, serta pendayagunaan zakat yang ada di Kabupaten Siak siap mempu menangani masalah ekonomi umat dalam kemiskinan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendistribusian yang baik khususnya pada program siak sehat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seperti apa proses manajemen pendistribusian pada program siak sehat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan informan 7 (tujuh) orang terdiri dari 4 orang, ketua, wakil bidang pendistribisian dan pendayagunaan, kepala bidang pendistribusian dan pendayagunaan, dan staff program siak sehat di bidang pendistribusian dan pendayagunaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak dan 3 orang mustahik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 proses manajemen pendistribusian zakat kosumtif pada program siak sehat, yaitu Pertama Perencanaan dengan melakukan Rapat Kinerja Anggaran Tahunan (RKAT) dengan tujuan membuat program awal yang dilakukan selama satu periode. Kedua Pengorganisasian dibentuk dalam pembagian masing masing tugas dan tanggung jawab setiap bidang yang telah terbentuk secara otomatis dari Baznas Pusat. Ketiga Pelaksanaan dalam proses pelaksanan tersebut dengan melalui tahapan tahapan prosedur seperti mengisi form pengajuan bantuan pengobatan, dan lain lain. Keempat Pengawasan dilakukan dengan memberikan tanggung jawab dengan menetapkan target yang harus di capai tujuannya agar mengetahui setiap kinerja yang dilakukan. Kelima Evaluasi dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya kendala dan hambatan yang akan dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajeme Zakat, Pendistibusian Zakat Konsumtif, Program Siak Sehat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Aug 2021 05:50
Last Modified: 02 Aug 2021 05:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52841

Actions (login required)

View Item View Item