Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA UNTUK MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKLETAL PADA PERCETAKAN BUKU TULIS MENGGUNAKAN METODE NERPA

AFDAL AIDIL AKBAR, - (2021) USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA UNTUK MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKLETAL PADA PERCETAKAN BUKU TULIS MENGGUNAKAN METODE NERPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai lampiran Kecuali Hasil Penelitian (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File Hasil Penelitian (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AFDAL AIDIL AKBAR (2021) : USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA UNTUK MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKLETAL PADA PERCETAKAN BUKU TULIS MENGGUNAKAN METODE NERPA (Studi Kasus : PT.Arjuna Riau Grafindo) PT. Arjuna Riau Grafindo merupakan perusahaan yang bergerak pada percetakan buku tulis yang terletak di jalan dahlia ujung sukajadi. PT. Arjuna Riau Grafindo ini menghasilkan dua produk yaitu buku dan nota, adapun masalah yang diteliti adalah keluhan operator yang mengalami sakit nyeri pada bahu, tangan, pergelangan tangan dan paha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengklasifikasi kasusus keluhan muskuloskletal pada percetakan buku tulis, memberikan solusi berupa Metode dan memberikan pengetahuan dan kesadaran dengan mengunakan metode Nerpa, Dari hasil pengelolaan data di dapat hasil aktivitas mengangkat buku tulis, aktivitas membawa dan meletakkan buku tulis, aktivitas memotong buku tulis dengan posisi berdiri. Oleh sebab itu diberikan tindakan perbaikan pencegahan muskuloskletal, memberikan peralatan meja storage, memberikan gerobak, dan memberikan kursi kepada karyawan, yang akan mengurangi angka terkenaknya muskuloskletal pada pekerja. Kata kunci: Perbaikan Sistem, Keluhan Muskuloskletal, Metode NERPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:56
Last Modified: 04 Aug 2021 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52822

Actions (login required)

View Item View Item