Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pernerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Pada Tema Tugasku Sehari-hari Di Kelas II SDN 001 Air Tiris

Atika Nabila, - (2021) Pernerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Pada Tema Tugasku Sehari-hari Di Kelas II SDN 001 Air Tiris. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Atika Nabila, (2021): Pernerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat Pada Tema Tugasku Sehari-hari Di Kelas II SDN 001 Air Tiris Penelitian ini tujuannya untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui model scramble berbantuan media gambar untuk meningatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat pada Tema Tugasku Sehari-hari di kelas II SDN 001 Air Tiris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam Menyusun kalimat sesuai SPOK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah guru dan siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Scramble berbantuan media gambar dan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan perbaikan setiap pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran scramble berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai rata-rata siswa secara klasikal, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 62,5% atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,75% atau tergolong kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa kembali meningkat menjadi 83% atau tergolong cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat pada tema Tugasku Sehari-hari di kelas II SDN 001 Air Tiris.. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Berbantuan Media Gambar, Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Kalimat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:28
Last Modified: 30 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52804

Actions (login required)

View Item View Item