PERAN KOMITE MADRASAH DALAM MENUNJANG KELANCARAN PROSES PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DESA SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Nurmayeni, (2011) PERAN KOMITE MADRASAH DALAM MENUNJANG KELANCARAN PROSES PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DESA SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011860.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang berusaha menggambarkan bagaimana peran komite madrasah dalam menunjang kelancaran proses pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Sawah kecamatan Kampar Utara kebupaten Kampar dan apa saja faktor-faktor yang menunjang dan menghambat peran komite tersebut. Subjek penelitian adalah pengurus komite MTs Desa Sawah sedangkan objeknya adalah peran komite dalam menunjang kelancaran proses pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Sawah. Populasi penelitian berjumlah 37 orang, dalam penelitian ini penulis menggunakan total sampling artinya seluruh populasi diteliti. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik angket. Angket disusun dalam bentuk tertutup, dimana setiap item pertanyaan telah disediakan tiga buah alternatif jawaban. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisa dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran komite madrasah dalam menunjang kelancaran proses pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Sawah kecamatan Kampar Utara kabupaten Kampar tergolong kurang optimal. Secara kuantitatif persentase hanya diperoleh skor 59,75%. Kurang optimalnya peran komite madrasah dalam menunjang kelancaran proses Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Sawah dikarenakan terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat, yaitu faktor rendahnya kesadaran, faktor kurangnya kesempatan atau waktu yang dimiliki. Sedangkan yang merupakan faktor pendukung adalah latar belakang pendidikan pengurus komite sebagian besar dari perguruan tinggi dan tingkat ekonomi pengurus komite yang cukup memadai. Untuk itu penulis menyarankan agar pihak-pihak yang berwenang dalam hal ini Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional agar mengadakan upaya pembinaan terhadap pengurus komite sekolah/madrasah agar mereka lebih meningkat kesadarannya untuk melaksanakan perannya secara lebih optimal. Selain itu penulis juga menyarankan agar kegiatan-kegiatan dan rapat-rapat komite waktunya diatur sedemikian rupa sehingga dapat dihadiri oleh sebagian besar pengurus tanpa meninggalkan pekerjaan mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:52
Last Modified: 11 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item