Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SDN 016 SUMBER DATAR

Diyah Ayu Widianingsih, - (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SDN 016 SUMBER DATAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Diyah Ayu Widianingsih, (2021): Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar yang terdiri atas kelas VA dan kelas VB, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Dengan menggunakan strategi pembelajaran giving question and getting answer diperoleh rata-rata pencapaian kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 12.50 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 11.70. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 1.931 dan nilai ttabel sebesar 1.725 pada taraf signifikan 0,05 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 016 Sumber Datar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:04
Last Modified: 30 Jul 2021 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52799

Actions (login required)

View Item View Item