Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TUGAS DINAS PENDIDIKAN DAN DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MELAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN DAN PELESTARIAN OLAHRAGA TRADISIONAL ASLI KUANTAN SINGINGI BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 61 TAHUN 2019 (Di Desa Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi)

SYAHRI HANDRIK JP, - (2021) TUGAS DINAS PENDIDIKAN DAN DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MELAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN DAN PELESTARIAN OLAHRAGA TRADISIONAL ASLI KUANTAN SINGINGI BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 61 TAHUN 2019 (Di Desa Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAHRI HANDRIK JP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Olahraga tradisonal merupakan permainan rakyat yang berkembang sejak zaman nenek moyang yang memiliki nilai kultur budaya yang menjadi khas suatu negara, Permainan tradisonal ini perlu dijaga kelestariannya. tugas Dinas Pemuda dan Dinas Pemuda Dan Olahraga dalam melakukan pembinaan dan pengembangan serta pelestarian olahraga tradisonal asli Kuantan Singingi Berdasarkan peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2019. Namun upaya dari tugas dari Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga tradisonal yang masih kurang dalam pembinaan dan pengembangan olahraga tradisional asli kuantan singingi. Adapun masalah yang timbul dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana tugas Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga dalam melakukan pembinaan dan pengembangan dan pelestarian olahraga asli kuantan ssingingi di tingkat sekolah dasar studi kasus di desa Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten kuantan Singingi, Serta apa faktor yang menghambat Dinas Pendidikan dan pemuda dan olahraga dalam pembinaan, pengembangan dan pelestarian olahraga tradisional asli Kuantan Singingi di Desa Langsat Hulu kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis dimana penelitian ini dilakukan secara observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan skunder. Analisis yang digunakan adalah kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tugas Dinas Pendidikan dan Dinas pemuda dan olahraga dalam melakukan Pembinaan, pengembangan dan pelestarian olahraga tradisonal asli kuantan singingi berdasarkan peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2019 Di Sekolah Dasar Negeri 020 dan Sekolah Dasar Negeri 019 tidak terlaksana dengan baik. Di antaranya adalah mengkoordinasikan pembinaan dan pengembangan olahraga tradisonal melalui kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler sebagai mewujudkan pelestarian olahraga tradisonal asli kuantan singingi. Agar proses pembinaan pengembangan, dan pelestarian olahraga tradisonal terlaksana dengan baik maka sebaiknya guru olahraga ikut serta dalam melaksanakan kegiatan ektrakurikuler dan intrakurikuler. Adapun faktor penghambat pelaksanaan tugas Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga dalam melakukan pembinaan, pengembangan dan pelestarian olahraga tradisonal asli Kuantan Singingi diantaranya adalah; (i) faktor kukum; (ii) faktor sarana dan fasilitas; (iii) faktor masyarakat; dan (iv) faktor kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:53
Last Modified: 30 Jul 2021 04:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52787

Actions (login required)

View Item View Item