Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PROFITABILITAS DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP PENGELUARAN ZAKAT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 – 2018)

Pia Hadina, - (2021) PENGARUH PROFITABILITAS DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP PENGELUARAN ZAKAT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 – 2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PROFITABILITAS DAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP PENGELUARAN ZAKAT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 – 2018) OLEH: PIA HADINA NIM. 11573205213 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, Dewan Pengawas Syariah, dan ukuran perusahaan terhadap pengeluaran zakat, pengaruh profitabilitas dan Dewan Pengawas Syariah terhadap ukuran perusahaan serta pengaruh pengaruh ukuran perusahaan dalam memediasi profitabilitas terhadap pengeluaran zakat dan pengaruh ukuran perusahaan dalam memediasi Dewan Pengawas Syariah terhadap pengeluaran zakat pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan syariah umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2014 sampai dengan 2018 yaitu sebanyak 14 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denga menggunakan Analsisi Jalur dengan bantuan SEM-PLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran zakat, sementara variabel dewan pengawas syariah, ukuran perusahaan, dan dewan pengawas syariah tidak terbukti berpengaruh terhadap pengeluaran zakat. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa profitabilitas dan dewan pengawas syariah tidak terbukti berpengaruh terhadap ukuran perusahaan. Variabel ukuran perusahaan tidak mampu menjadi variabel pemoderasi terhadap hubungan profitabilitas dengan pengeluaran zakat. Variabel ukuran perusahaan juga tidak mampu menjadi variabel pemoderasi terhadap hubungan dewan pengawas syariah dengan pengeluaran zakat pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018. Kata Kunci: Profitabilitas, Dewan Pengawas Syariah, Pengeluaran Zakat, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 02 Aug 2021 05:17
Last Modified: 02 Aug 2021 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52767

Actions (login required)

View Item View Item