Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS KAB. TANAH DATAR DALAM USAHA MIKRO MUSTAHIK DI KECAMATAN LINTAU BUO UTARA

Meta Yolanda, Meta (2021) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS KAB. TANAH DATAR DALAM USAHA MIKRO MUSTAHIK DI KECAMATAN LINTAU BUO UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran BAZNAS Kabupaten Tanah Datar yang merupakan salah satu badan pengelola zakat di Kabupaten Tanah Datar yang memiliki program penyaluran dana secara konsumtif dan produktif, terkait mengenai bantuan zakat produktif, bantuan yang diberikan hanya satu kali dan di pilih secara kolektif oleh dinas, oleh karena itu penulis sangat tertarik melakukan penelitian di BAZNAS Kabupaten Tanah Datar untuk mengetahui implementasi pengelolaan zakat produtif dalam usaha mikro mustahik mulai dari pengumpulan, pendistribusian hingga pelaporan dan evaluasi. Sebagai bentuk penelitian lapangan, yaitu kegiatan penelitian yang digunakan untuk mengadakan pengamatan dan memperoleh data di lapangan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari informan di lapangan yaitu staf Amil zakat BAZNAS Kabupaten Tanah Datar, data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengelolaan zakat yang diterapkan BAZNAS Kabupaten Tanah Datar pada dasarnya meliputi beberapa hal yaitu mulai dari pengumpulan pendistribusian pendayagunaan hingga evaluasi yang merujuk kepada syariat dan Undang-Undang yang berlaku mengenai zakat produktif, dari hasil lapangan implementasi zakat produktif usaha mikro dari segi pengumpulan data dilakukan oleh dinas sedangkan dalam hal pendayagunaan dibantu langsung oleh UPZ Kecamatan, dalam hal pendistribusian zakat diberikan hanya sekali kepada mustahik dan sifatnya tidak berulang terakhir pelaporan yang dilakukan setiap bulan dan diserahkan kepada pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, BAZNAS, zakat produktif dan usaha mikro.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:35
Last Modified: 30 Jul 2021 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52756

Actions (login required)

View Item View Item