PENERAPAN TEKNIK DELEGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU

Lisa Karla R, (2014) PENERAPAN TEKNIK DELEGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik delegasi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah penerapan teknik delegasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Penerapan Teknik Delegasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 21 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 45,65%, siklus I meningkat sebanyak 30 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 65,22%, dan siklus II sebanyak 37 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 80,43%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik delegasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 08:50
Last Modified: 07 Jun 2016 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item