Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Rahma Illahi Mevha, - (2021) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rahma Illahi Mevha, (2020): Efektivitas Teknik Assertive Training dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Siswa Terisolir di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik assertive training dalam layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi siswa terisolir SMK Muahammadiyah 2 Pekanbaru, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan rancangan penelitian quasi-eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang masuk dalam kriteria siswa terisolir. Kemudian didapatkan 10 sample dengan menggunakan teknik pourpousive sampling.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbaikan siswa di sekolah sebelum dan sesudah diberikan layanan terhadap siswa terisolir. Hal ini diperoleh dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik analisis statistic non-parametrik dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan cara membandingkan hasil pree-test dan post-test. Berdasarkan angka probabilitas Asymp. Sig. (2- tailed) mengenai siswa terisolir sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training adalah 0,005, dengan demikian Ha diterima karena 0,005 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif dalam mengatasi siswa terisolir di SMK Muhammadiyah 2 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertive Training, Siswa Terisolir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:28
Last Modified: 29 Jul 2021 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52707

Actions (login required)

View Item View Item