Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM GURINDAM DUA BELAS KARYA RAJA ALI HAJI DAN AKTUALISASINYA DALAM KURIKULUM MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU

ILYAS (2020) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM GURINDAM DUA BELAS KARYA RAJA ALI HAJI DAN AKTUALISASINYA DALAM KURIKULUM MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Ilyas.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Ilyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)

Abstract

Disertasi ini mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan Islam dengan memfokuskan pada Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji dan bagaimana aktualisasinya dalam kurikulum muatan lokal Budaya Melayu Riau. Hasil kajian menunjukkan bahwa Gurindam Dua Belas sarat akan nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat menjadi basis untuk penyusunan kerangka kurikulum Budaya Melayu Riau. Ternyata Gurindam Dua Belas merupakan aktualisasi ajaran yang terdapat dalam Alqur’an dan Hadist yang juga merupakan sumber utama pendidikan Islam. Berdasarkan pembahasan tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji, dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji mengandung makna yang sangat komprehensif meliputi inti ajaran dasar agama Islam yang merupakan sumber pendidikan Islam. Nilai dasar tersebut meliputi nilai ilahiyah dan nilai Insaniyah. Nilai ilahiyah yang paling utama dalam Gurindam Dua Belas adalah nilai keimanan, Islam, ihsan, taqwa, ikhlas, tawakkal, sabar dan syukur. Nilai pendidikan Islam dalam Gurindam Dua Belas selanjutnya adalah nilai insaniyah yang meliputi nilai silaturahmi, ukhuwah, al-musawah, al-adalah, huznuzzan, tawadlu, al-wafa’, insyirah, al-amanah, iffah, qawamiyah dan munfiqun. Nilai-nilai tersebut melahirkan ahlak mulia yang tercermin dalam perilaku dan sikap sehari-hari. Aktualisasi nilai pendidikan Islam dalam Gurindam Dua Belas ke dalam Kurikulum Budaya Melayu Riau dapat dilakukan melalui empat unsur kurikulum yakni tujuan, isi, metode dan penilaian. Aktualisasi ke dalam tujuan yakni hendaknya Kurikulum Budaya Melayu Riau bertujuan menjadikan anak didiknya orang yang mengenal Allah Swt., gemar beribadah dan berahlakul karimah. Isi Kurikulum Budaya Melayu Riau harus komprehensif mencakup materi ilmu abadi (perennial ) dan ilmu dicari (acquired ). Berkaitan dengan metode, maka Kurikulum Budaya Melayu Riau hendaknya mengandung metode pembelajaran yang mengutamakan kelembutan serta kejelasan dalam penerapannya. Sedangkan penilaian Kurikulum Budaya Melayu Riau harus berpedoman pada prinsip ketelitian, objektif, adil, dan terbuka.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:38
Last Modified: 08 May 2023 01:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52695

Actions (login required)

View Item View Item