Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Konsep Adil Dalam Poligami: Studi Kasus Pasangan Poligami di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

BUDI IRAWAN, - (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Konsep Adil Dalam Poligami: Studi Kasus Pasangan Poligami di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BUDI IRAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang poligami yang dilakukan oleh pasangan poligami di Desa Kualu tidak sesuai dengan syariat islam, karena dalam islam salah satu syarat wajib poligami adalah adil tetapi praktik poligami yang dilakukan oleh suami di Desa Kualu tidak sepenuhnya memenuhi syarat tersebut. Sehingga penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep adil dalam poligami oleh pasangan poligami di Desa Kualu dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan konsep adil dalam poligami oleh pasangan poligami di Desa Kualu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan study pustaka dari buku-buku referensi dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Imforman dari penelitian ini adalah suami yang melakukan poligami dan istri yang di poligami. Teknik penulisan menggunakan metode kualitatif yaitu menguraikan data dan menerangkan gambaran dari keterangan secara umum dan diambil kesimpulan secara khusus sesuai dengan data-data permasalahan yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep adil dalam poligami yang dilakukan oleh pasangan poligami di Desa Kualu tidak secara keseluruhan diterapkan oleh suami yang berpoligami artinya mereka menelantarkan yang satu dan meebihkan yang lain yaitu mereka lebih cendrung dengan salah satu istrinya dan tidak menerapkan keadilan selanjutnya tinjauan hukum islam terhadap penerapan konsep adil dalam poligami yang dilakukan oleh pasangan poligami di Desa Kualu tidak secara keseluruhan diterapkan oleh suami yang berpoligami berdasarkan syariat Islam. Kata kunci: Adil, Poligami, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:12
Last Modified: 29 Jul 2021 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52681

Actions (login required)

View Item View Item