Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ‘ABDULLAH NĀSHIH ‘ULWAN (1928 - 1987 M ) (STUDI TERHADAP KITAB TARBIYATUL AULĀD FI AL-ISLĀM)

ZAINI ANWAR (2020) PENDIDIKAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ‘ABDULLAH NĀSHIH ‘ULWAN (1928 - 1987 M ) (STUDI TERHADAP KITAB TARBIYATUL AULĀD FI AL-ISLĀM). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Zaini Anwar.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Zaini Anwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)

Abstract

Pendidikan merupakan tindakan secara sadar yang tujuannya untuk mengembangkan fitrah manusia secara potensi sumber daya insani menuju terbentuknya manusia seutuhnya. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 )Bagaimana konsep Pendidikan Sosial menurut Dr. ‘Abdullah Nāshih ‘Ulwān ? 2) Apa poin-poin penting Pendidikan Sosial dalam Islām menurut Dr. ‘Abdullah Nāshih ‘Ulwān? 3) Relevansi Pemikiran ‘Abdullah Nāshih ‘Ulwān tentang Pendidikan Sosial dengan tujuan Pendidikan Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research ), di mana pengumpulan datanya penyusun menggunakan sumber-sumber primer berupa karya ‘Abdullah Nāshih ‘Ulwān “Tarbiyah al-Awlad fi al-Islam”dan sumbersumber sekunder berupa buku-buku yang ada relevansinya dengan penyusunan penelitian ini. Pendidikan Sosial adalah pendidikan anak dari sejak dia masih kecil supaya terbiasa dengan perilaku sosial yang utama dan memiliki dasar-dasar kejiwaan yang mulia yang bersumber pada aqidah Islām yang abadi, kesadaran iman yang mendalam agar anak tersebut dapat tampil di kehidupan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan kemampuan bergaul dengan akhlak yang baik, keseimbangan, akal yang matang dan perilaku yang bijak. Hasil akhir dari penelitian ini adalah 1)Dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islām karya ‘Abdullah Nāshih ‘Ulwān, dalam poin Pendidikan Sosial Dalam Islām terdapat empat metode dalam mendidik anak. metode tersebut adalah metode Menanamkan Dasar-Dasar Kejiwaan Yang Mulia, Memelihara Hak Orang Lain, Menjaga Etika Sosial Secara Umum dan Pengawasan dan Kritik Sosial. 2) Adapun relevansi pemikiran ‘Abdullah Nāshih ‘Ulwān tentang pendidikan sosial anak jika dikaitkan dengan tujuan pendidikan nasional sangat relevan. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia yang tercantum dalam Undangundang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:11
Last Modified: 28 Jul 2021 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52677

Actions (login required)

View Item View Item