Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TERHADAP PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 13 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI DAN / ATAU WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA SERENTAK LANJUTAN DALAM KONDISI BENCANA NON ALAM CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19)

DIANA RIZKY, - (2021) PERAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TERHADAP PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN PELALAWAN BERDASARKAN PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 13 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI DAN / ATAU WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA SERENTAK LANJUTAN DALAM KONDISI BENCANA NON ALAM CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIANA RIZKY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum Terhadap Pelanggaran Protokol Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Pelalawan Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Dan /Atau Wali Kota Dan Wakil WaliKota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)”. Salah satu fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum adalah melakukan pengawasan tahapan dan pencegahan Pilkada(BAWASLU) dan jajaran dibawahnya dalam hal ini Badan Pengawas Pemilihan Umum di Kabupaten Pelalawan. Tujuan penelitian ini: mendeskripsikan peran Bawaslu di Kabupaten Pelalawan dalam pelanggaran protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 pada penyelenggaraan pilkada 2020, mendeskripsikan apa saja faktor penyebab terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 pada penyelenggaraan pilkada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan narasumber Bawaslu( Badan Pengawas Pemilihan Umum) kabupaten Pelalawan yang mencakup ketua dan komisioner. Subyek penelitian ini adalah Ketua Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu dan Koordinator Divisi Pengawas,humas& Hubal dan Divisi Hukum,data&informasi dan Panitia Pengawas (PANWASCAM) Pilkada. Sumber data primer dan sekunder disertai bahan hukum primer dan sekunder. Analisis data bersifat deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, studi kepustakaan. Peran Bawaslu Kabupaten Pelalawan dalam menjalankan pengawasan pada penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Pelalawan ialah melakukan upaya pengurangan/ meminimalisir pelanggaran, melakukan upaya pencegahan terhadapa pelanggaran Protokol Kesehatan pada masa Pandemi covid‟19 dan melakukan penertiban serta penindakan pelanggaran pada penyelenggaraan Pilkada tahun 2020. Pengawasan ini diperlukan agar setiap tahapan dan proses Pilkada berjalan sesuai Undang-Undang dan peraturan yang ada. Bawaslu sangat berperan dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Pelalawan tahun 2020 dalam upaya mewujudkan pemilihan yang demokratis. Faktor penyebab terjadinya pelanggaran Protokol Kesehatan Pada masa Pandemi covid‟19 yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Kabupaten Pelalawan :a. Karena kesadaran hukum peserta para kadidat pasangan calon Pemilihan Kepala Daerah rendah; b. Ketidak tahuan terkait aturan yang berlaku, karena itu partai politik punya peran melakukan pendidikan politik; c. Adanya berbagai cara dari pasangan calon untuk persaingan “konflik” yang dilembagakan dalam rangka merebut kekuasaan yang bersifat “persaingan” dalam Pemilihan Kepala Daerah; d. Kurangnya tingkat kesadaran dari masyarakat, dan masyaakat belum mengetahui peraturan baru , yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 13 Tahun 2020. Kata Kunci:Peran, BAWASLU, Pelanggaran Protokol Kesehatan, Pilkada,Covid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:42
Last Modified: 29 Jul 2021 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52668

Actions (login required)

View Item View Item