Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PSYKOLOGIS ISTERI YANG DICERAI TALAK DI PENGADILAN AGAMA KELAS I B RENGAT

SYAFRIYALDI (2020) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PSYKOLOGIS ISTERI YANG DICERAI TALAK DI PENGADILAN AGAMA KELAS I B RENGAT. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Syafrialdi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Syafrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bermaksud untuk mengeksplorasi fenomena pada wanita yang dicerai talak dan fenomena simtom emosi yang mereka lalui. Oleh itu kajian ini mencoba memprediksi emosi wanita pasca cerai talak dengan variable Religiusitas dan spiritualitas. Kajian dilakukan dalam wilayah pengadilan agama kelas I B Rengat, dengan mengambil populasi wanita pasca cerai talak. Sebanyak 23 responden dikaji menggunakan angket dan spiritualitas serta emosi. Kajian ini menemukan beberapa fakta : pertama : Tingkat religisitas, spiritualitas wanita yang telah dicerai talak rata rata adalah pada tahap yang sedang dan manakala tingkat emosi yang telah mengalami cerai talak pada tahap tinggi. Dari analisis setiap item pernyataan dalam setiap variable juga menunjukkan pada tingkat sedang. Kedua : Didapati bahwa ada hubungan negative antara religiusitas dengan emosi pada istri yang telah dicerai talak di pengadilan agama Kelas I B Rengat. Yang bermakna, semakin rendah tingkat religiusitas maka semakin tinggi tingkat emosi wanita yang telah mengalami cerai talak ini. Ketiga : Demikian pula, didapati adanya hubungan negative antara spiritualitas dengan emosi pada wanita yang telah mengalami cerai talak ini. Dan ini juga bermaksud semakin rendah tingkat spiritualitas maka semakin tinggi tingkat emosi wanita yang telah mengalami cerai talak ini. Keempat : Adapun religiusitas dan spiritualitas mempengaruhi emosi sebesar 44.2 % dengan linearitas hubungan signikan sebesar F=16.632 dengan p <0.05. selain itu ditemukan yang paling dominan mempengaruhi emosi adalah religisitas (B=-0.665). diharapkan kajian ini berimplikasi pada Pengadilan Agama kelas I B Rengat untuk menyiapakan modul atau dalam bentuk kegiatan pemberian muatan religiusitas dan spiritualitas kepada para wanita yang telah mengalami cerai talak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:49
Last Modified: 28 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52667

Actions (login required)

View Item View Item