Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIKAP TEOLOGIS MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI WABAH COVID-19 (Studi Kasus di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar)

SEFRI YANDA, - (2021) SIKAP TEOLOGIS MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI WABAH COVID-19 (Studi Kasus di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEFRI YANDA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK sefriayanda@gmail.com Penelitian ini dilakukan di desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar karena ada salah satu masyarakat yang terkena wabah corona virus 2019, terpapar wabah covid serta terpapar wabah corona virus 2019 tanpa gejala. Tercatat pada tanggal 21 Februari 2021 di kabupaten Kampa tercatat 6.594 suspek, 2.266 terkomfirmasi diantaranya 19 isolasi, 33 rawat 2137 sembuh, 77 meninggal. Salah satunya terdapat didesa Pulau Birandang Kecamatan Kampa 6 isolasi, 1 rawat. 1 meninggal Dan pada tanggal 25 Februari 2021 di Kabupaten Kampar terkonfirmasi 44 orang yaitu 2 isolasi Mandiri, 42 sembuh. Meskipun di desa Pulau birandang tidak begitu bamyak terkena wabah corona virus 2019, namun desa Pulau Birandang berada di tengah-tengah sekitar daerah yang terkena wabah corona virus 2019 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap teologis masyarakat di desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar dalam menghadapi wabah covid-19 dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sikap teologis masyarakat desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampa dalam menghadapi wabah corona virus 2019. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan teknik observasi, interview, angket dan dokumentasi. Hasil temuan penelitiannya adalah sikap teologis masyarakat desa pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar : tidak peduli, sedih, takut/waspada. Di antara sikap tersebut masyarakat takut/waspada terhadap wabah corona virus 2019. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi sikap teologis tersebut yaitu pengetahuan, tingkat keagamaan dan tingkat pendidikan. Upaya pencegahan corona virus 2019 adalah dengan meningkatkan iman dan takwa, membaca al-Quran setiap waktu setelah shalat subuh dan sholat maghrib, berolahraga sampai mengeluarkan keringat serta minum madu dan meningkatkan imun dengan mengomsumsi makan yang halal dan alami. Kata kunci : Sikap Teologis, Corona Virus 2019, Masyarakat, Qadariyah, Jabariah, Ahlussunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah dan Filsafat
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:48
Last Modified: 29 Jul 2021 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52641

Actions (login required)

View Item View Item