Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV MI AlFalah Teratak Bangkinang Kabupaten Kampar

Putri Amalia Farhana, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV MI AlFalah Teratak Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Amalia Farhana, (2021): Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV MI AlFalah Teratak Bangkinang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV MI Al-Falah Teratak Bangkinang Kabupaten Kampar muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode pembelajaran guided discovery di kelas IV MI Al-Falah Teratak Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran guided discovery dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatf dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase keterampilan proses sains siswa hanya 65,35% dengan kategori kurang karena berada pada rentang <69%, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 74,23% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 70-79%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,92% dengan kategori baik karena berada pada rentang 80-89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV MI Al-Falah Teratak Bangkinang Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Guided Discovery, Keterampilan Proses, Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:24
Last Modified: 29 Jul 2021 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52637

Actions (login required)

View Item View Item