Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA QAULAN DALAM AL-QUR’AN DAN KORELASINYA DENGAN ETIKA KOMUNIKASI MENURUT WAHBAH AZ-ZUHAILI

Taufiq Hidayatullah, Taufiq (2021) MAKNA QAULAN DALAM AL-QUR’AN DAN KORELASINYA DENGAN ETIKA KOMUNIKASI MENURUT WAHBAH AZ-ZUHAILI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)

Abstract

Tulisan ini membahas pendapat Wahbah Az-Zuhaili mengenai tentang tata cara berkomunikasi sesuai al-Qur’an yang diistilahkan dengan Qaulan. Qaulan merupakan ucapan atau perkataan seseorang ketika melakukan komunikasi antar sesama manusia. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai derivasi makna Qaulan dan tentang etika berkomunikasi. Di era sekarang ini terdapat banyak sekali orang-orang yang berkomunikasi tidak mendahului etika, lebih mementingkan kehendak hawa nafsunya untuk berbicara sehingga komunikasi yang disampaikan antara orang perorangan tidak ada nilai-nilai yang berarti di dalam komunikasi tersebut. Bahwa komunikasi adalah urgensi yang utama untuk bersosisalisasi dan juga untuk menimbulkan idealisme yang tinggi. Al-Qur’an memberikan arahan atau nilai-nilai yang positif tentang tata cara berkomunikasi yang baik dan benar, dengan demikian terjadilah hubungan yang erat antar sesama manusia. Untuk memperoleh data yang representatif dalam tulisan ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mencari ayat-ayat yang bertemakan Qaulan dengan menggunakan metode tematik. Sumber data primernya adalah kitab tafsir Al-Munir dan data sekundernya adalah buku-buku, jurnal, dan yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun penjelasan lebih lanjut bahwa Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan di dalam tafsir bahwa Qaulan tersebut adalah ucapan yang baik, perkataan permintaan maaf dan perkataan yang halus yang sesuai dengan tuntutan agama. Untuk seseorang berkomunikasi harus menggunakan prinsip yang jelas, dengan tujuan komunikasi yang dijalin menjadi baik dan hubungan menjadi harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:44
Last Modified: 30 Jul 2021 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52629

Actions (login required)

View Item View Item