Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PERSUASIF PETUGAS DALAM PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN(ANDIKPAS) DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II PEKANBARU (STUDY KASUS NARKOBA)

Rohmiati, Rohmiati (2021) KOMUNIKASI PERSUASIF PETUGAS DALAM PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN(ANDIKPAS) DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II PEKANBARU (STUDY KASUS NARKOBA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

Berdasarkan data dari BNN tahun 2018, terjadi peningkatan yang signifikan jumlah kasus penyalahgunaan narkoba oleh anak di Indonesia yang telah mencapai angka 2.29 juta jiwa atau sebesar 24 hingga 28 persen yang sebelumnya hanya 20 persen dengan rentang usia 15-35 tahun. Sebagai lembaga pembinaan khusus anak memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan kepada narapidana anak dengan teknik komunikasi persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi persuasif petugas dalam pembinaan Andikpas kasus narkoba di LPKA Klas II Pekanbaru seta faktor pendukung dan penghambat pembinaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sikap. Pada hasil penelitian ini ditemukanlah bahwasannya Aktivitas komunikasi persuasif petugas dalam pembinaan andikpas di LPKA klas II Pekanbaru dilakukan secara sistematis. Andikpas kasus narkoba mendapat pembinaan khusus yakni konseling dan rehabilitas. Dalam tolak ukur keberhasilan komunikasi persuasif pada aktivitas pembinaan Andikpas kasus Narkoba menerapkan 5 teknik yakni teknik Asosiasi, Integrasi, Ganjaran, tataan, dan red herring. Faktor pendukung pembinaan terletak pada mudahnya Andikpas diberikan pemahaman-pemahaman dan didukung oleh sarana prasarana yang menunjang kegiatan pembinaan. Faktor penghambat pembinaan di LPKA Klas II Pekanbaru terletak pada sarana dan prasarana, Andikpas itu sendiri, orang tua dan situasi covid-19 sehingga pembinaan yang bersifat persuasif tidak dapat diterapkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Andikpas kasus narkoba, Pembinaan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:54
Last Modified: 29 Jul 2021 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52628

Actions (login required)

View Item View Item