Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku di Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru

Fitria Yulandari, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku di Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitria Yulandari, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku di Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Treffinger dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Berpikir Kreatif. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa secara klasikal, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam berpikir kreatif hanya mencapai 56,67 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam berpikir kreatif meningkat menjadi 69,17 atau tergolong kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa kembali meningkat menjadi 77,08 atau tergolong cukup kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2021 04:19
Last Modified: 29 Jul 2021 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52624

Actions (login required)

View Item View Item