Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Solly Al Hayyu, - (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Solly Al Hayyu, (2021): Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas VIIIE SMPN 1 Pangkalan Kuras yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tringulasi data, dengan menggunakan instrumen angket gaya belajar, tes soal cerita, dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis dengan menggunakan Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan transformasi (transformation error). Siswa yang memiliki gaya belajar auditorial cenderung melakukan kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encording error). Sedangkan Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik cenderung melakukan kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encording error). Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Gaya Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:05
Last Modified: 29 Jul 2021 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52610

Actions (login required)

View Item View Item