Dwi Wirda Lastari, - (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA KELAS VIII SMP/MTs PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (24MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Wirda Lastari, (2021): Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Relasi dan Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis Newman‟s error siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari kepercayaan diri (self confidence) siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa kelas VIII D SMP Negeri 01 Kampar. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, tes, dan wawancara. Adapun Instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri (self confidence), soal tes kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan siswa secara keseluruhan dalam menyelesaikan soal berbasis kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi dengan kategori tinggi mengalami kesalahan keterampilan proses dan kesalahan notasi/penulisan. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang dan rendah secara keseluruhan mengalami kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan notasi/penulisan. (2) Siswa dengan kategori kepercayaan diri (self confidence) tinggi secara umum mengalami kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pada notasi/penulisan. Siswa dengan kategori kepercayaan diri (self confidence) sedang secara umum mengalami kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pada notasi/penulisan. Sedangkan siswa kategori kepercayaan diri (self confidence) rendah secara umum mengalami kesalahan memahami, kesalahan transfromasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pada notasi/penulisan. Kata kunci: Analisis Newman’s Error, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri (Self Confidence)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 04:37 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 04:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52609 |
Actions (login required)
View Item |