Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP AKHLAK REMAJA DI KELURAHAN CINTARAJA KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU

Suryani (2020) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP AKHLAK REMAJA DI KELURAHAN CINTARAJA KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Suryani.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anak di Kelurahan Cintaraja yang memiliki akhlak kurang baik dalam kehidupan sehari-hari mengalami masalah padahal Pendidikan Agama Islam dan bimbingan orangtua terhadap akhlak remaja di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru sudah terlaksana dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1)Apakah ada pengaruh pendidikan agama Islam terhadap akhlak remaja di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru ? (2)Apakah ada Pengaruh bimbingan orangtua terhadap akhlak remaja di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru ? (3) Apakah ada pengaruh pendidikan agama Islam dan bimbingan orangtua terhadap akhlak remaja secara bersama-sama di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian langsung kelapangan mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 536 orang remaja dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 54, 10% dari populasi yang ada. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment berganda dan regresi berganda. Untuk menganalisa data menggunakan program SPSS For windows release 21.0. Hasil penelitian: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan agama Islam terhadap akhlak remaja di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Hal ini didasarkan hasil korelasi nilai sig (2- tailed) 0,000 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan orangtua terhadap akhlak remaja di Kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail Kota Pekanbaru, sebab nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan Hasil analisis menunjukkan harga constanta besarnya 27,584 , harga koefisien pendidikan agama Islam (X1) sebesar 0,367 dan bimbingan orangtua (X2) besarnya 0,257. Semua koefisien tersebut signifikan karena masing- masing signifikannya 0,000. Keempat, Untuk memperoleh persentase angka R 2 (R square ) sebesar 0,704 atau (70,4% ). sehingga dikatagorikan kuat pengaruhnya. Sedangkan sisanya sebesar 30,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:45
Last Modified: 27 Jul 2021 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52600

Actions (login required)

View Item View Item