Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN SPRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Suparman (2020) PENGARUH KECERDASAN SPRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Suparman.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Suparman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi, seseorang harus memiliki Intelligence Quotient ( IQ ) yang tinggi. Kenyataannya, dalam proses pembelajaran banyak dijumpai siswa yang cerdas dengan prestasi akademik cemerlang, namun tidak mampu mengelolah spiritual dan emosinya dengan baik, seperti mudah marah, mudah tersinggung, suka mengeluh, pesimis, mengalami depresi, angkuh, manja, suka berbuat onar, ikut tawuran, dan sombong sehingga prestasi tersebut tidak bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Rumusan masalahnya yaitu: (1)Apakah terdapat pengaruh kecerdasan spritual terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu?, (2)Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu?, (3)Apakah terdapat pengaruh kecerdasan spritual dan kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu?. Pengolahan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi peneliti sebanyak 617 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin berjumlah 247 siswa. Pengambilan sampel mengunakan teknik stratified sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan kelas atau strata. Teknik analisa datamengunakan korelasi koefisien product moment dan regresi linier berganda. Untuk legalitas data menggunakan program Statistic Package for Social Science (SPSS ) for Windows Release 24.0. Hasil penelitian ini Pertama, Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, hal ini dibuktikan dari perhitungan product moment dengan nilai Sig. (2-tailed)sebesar 0.007 ( 0.007 < 0.05). Kedua, Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, hal ini dibuktikan dari perhitungan product moment dengan nilai sig. 2 tailed product moment adalah 0,000. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, hal ini dibuktikan dari perhitungan regresi linear Y = 32,752 + 0,015 X1 + 0,653 X2 diperoleh B kecerdasan spritual 0,605 dan B kecerdasan emosional 0,653 bertanda positif. Besar pengaruh dari variabel tersebut yaitu 30,5% dan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:33
Last Modified: 27 Jul 2021 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52596

Actions (login required)

View Item View Item