Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TENTANG SISTEM PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ADAB

Suci Rahmadani (2020) PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TENTANG SISTEM PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ADAB. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Suci Rahmadani.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Suci Rahmadani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)

Abstract

Latar belakang pemilihan judul tesis “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang sistem pendidikan Islam berbasis adab” adalah merujuk pada masalah yang mendasar yang sedang dihadapi umat sekarang ini yaitu masalah ilmu dan adab. Ilmu sudah mulai dipisahkan, bahkan dihilangkan dari nilai-nilai adab. Akibatnya, terjadilah the loss of adab (hilangnya adab). Beberapa masalah yang masih terjadi pada kurikulum pendidikan Islam, yaitu ketika kurikulum diturunkan menjadi satuan materi pembelajaran, dan materi pembelajaran yang dipelajari oleh peserta didik, seringkali didominasi oleh ilmu pengetahuan hasil epistemologi Barat yang bercorak sekuler serta jauh dari unsur-unsur Islam. Sehingga proses penanaman adab harus dijadikan kurikulum utama yang berporos pada proses tazkiyyatun nafs (pensucian jiwa). Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan mengenai : Bagaimana sistem pendidikan Islam berbasis adab menurut al-Attas? Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber primer dalam penelitian ini ialah buku yang ditulis oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan bukunya pendidikan Islam dan sumber sekundernya ialah tulisan dan penelitian mengenai pendidikan Islam dan konsep adab. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan model analisis data “Content Analysis”, dengan tahapan analisis penentuan unit analisis, pengumpulan data, proses inferensi, dan interpretasi. Hasil dari penelitian konsep ini adalah menghasilkan manusia yang baik. Manusia yang baik di sini adalah manusia yang beradab, memahami dan mengakui posisinya yang tepat dengan dirinya sendiri, dengan masyarakat, dan dengan komunitasnya, serta menyikapi dengan betul potensi-potensi fisik, intelektual, dan spiritualnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:29
Last Modified: 27 Jul 2021 08:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52594

Actions (login required)

View Item View Item