Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SE KECAMATAN SAGULUNG KOTA BATAM

Puji Harti (2020) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SE KECAMATAN SAGULUNG KOTA BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Puji Harti.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Puji Harti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Sekecamatan Sagulung Kota Batam, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Sekecamatan Sagulung Kota Batam serta faktor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Sekecamatan Sagulung Kota Batam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya peran kepala sekolah dalam memanajemen program di sekolah tersebut. Hal itu terlihat dari gejala internal dan gejala eksternal. Gejala internal adalah kurang media pembelajaran, kurangnya sekolah mengadakan pelatihan guru, sedangkan gejala eksternalnya adalah orang tua tidak puas Karena tidak pernah diajak musyawarah. Sehingga akan berdampak pada mutu pendidikan di sekolah tersebut, dimana anak-anak tidak berprestasi. Dalam penulisan Tesis ini merupakan penelitian Field Research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi kepada kepala sekolah dan dengan mewawancarai subjek penelitian yaitu 3 orang kepala sekolah dan beberapa guru. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif. Sementara metode analisis data menggunakan model analisis interaktif. Analisis model ini terdiri atas tiga komponen kegiatan yang terkait satu sama lain, yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Sekecamatan Sagulung Kota Batam sudah terlaksana dengan baik. Dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan sudah memiliki keinginan yang baik dengan konsep yang sudah terbentuk, hanya manajemen masih memiliki keterbatasan yaitu ada beberapa sumber daya manusia yang belum memahami haluan sekolah dan tujuan sekolah. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Sekecamatan Sagulung Kota Batam adalah dengan memasukkan nilai-nilai Islam di setiap bidang studi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara mengadakan pelatihan guru dan melengkapi sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: 1) SDM guru yang berkapasitas sesuai dengan bidangnya. 2) Dukungan yayasan dan dukungan orang tua 3) Jaringan antar sekolah. Sedangkan faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: 1) Sarana sekolah yang belum mencukupi seperti laboratorium dan ruang praktik. 2) Guru belum bisa memasukkan nilai-nilai Islam dalam setiap bidang studi yang sesuai dengan kurikulum JSIT.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:18
Last Modified: 27 Jul 2021 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52589

Actions (login required)

View Item View Item